TK Montessori di Pondok Kelapa, Bintara Bekasi Barat dan Jatibening

by - Thursday, March 12, 2020

Montessori adalah sebuah metode edukasi yang banyak diminati oleh orang tua saat ini. Metode ini menganut "follow the child" dimana anak bebas memilih ketertarikannya, tapi tetap dengan keteraturan dan disiplin dalam berkegiatan. Kio pun sudah sering mengikuti Kelas Montessori yang juga pernah saya review. 

Sepertinya anak saya pun jatuh cinta dengan pengajaran Montessori ini. Sebagai pilihan saya dalam memilih sekolah, saya juga menominasikan preschool Montessori di area rumah saya. Yaitu, Global Prestasi Kids, Bumi Preschool yang letaknya di Bintara Bekasi, masih arah kalimalang atau setelah pasar sumber arta, dan Montessori Private School di Jatibening. 

Kenapa dengan ketiga sekolah ini? Mari sedikit saya bahasa. Kalau Bumi Preschool, dia paling dekat dengan rumah saya, bisa hanya di antar motor, kecuali saat hujan. Awal tahun lalu, Kio sudah pernah berkunjung, dia pun menyukai suasana kelasnya. Hoomy seperti di rumah, teman-teman dan gurunya juga baik. 

Untuk sekolah preschool nya, masuk setiap hari, Senin-Jumat pukul 09.00 - 12.00, lumayan tidak terlalu pagi untuk persiapan sekolahnya. Saya rasa sekolah tiap hari juga baik untuk pembiasaan dia agar lebih teratur. Biaya uang masuk sekitar Rp. 12 juta, dan SPP 800 ribu. Lumayan worth it karena menurut saya sekolahnya sudah sangat lebih baik daripada sebelumnya hanya di sebuah ruko. Tapi untuk hasil dari anaknya sendiri, balik lagi kemasing-masing ya. 

Lalu Montessori Private School, haduh kalau lihat instagramnya saya sih sudah mupeng ya. Dari kegiatan anak-anak, lokasi dan suasana sekolahnya, sepertinya sangat mewakili karakter Kio. Ada jenjang sampai Sekolah Dasarnya juga. 

Namun saya belum sempat, berkunjung ke sekolah ini, masih menimbang-nimbang karena preschoolnya sendiri, sekolah setiap hari tapi hanya 2 jam, dimana kalau dari segi jarak, saya harus menunggu di sekolah saja, pulang pun nanggung. Biaya nya uang masuknya masih relatif sama dengan Bumi, hanya saja SPP nya Rp. 1.8 juta 😁

Untuk biaya dengan metode Montessori ini memang kisarannya seperti itu. Saya juga pernah mengunjugi stand Global Prestasi School (GPS) Kalimalang, tapi brosurnya hilang, karena menurut saya, masih terbilang mahal untuk sebuah preschool. 

Tapi GPS punya sister school di Pondok Kelapa, Kio pernah trial disana yaitu Global Prestasi Kids berlabel Montessori. Disini saya belum jelas aplikasi Montessori nya, karena saat trial, murid preschool/playgroup sedang membuat prakarya lampion. 

Kio sendiri kurang suka dengan ruang Kelas yang sempit, jadi dia tidak bertahan lama di ruang Kelas. Guru-gurunya sangat baik dan perhatian. Saya banyak berbincang dengan miss-miss nya. 
Area playground nya juga terbatas, saya takut Kio menabrak teman-teman atau kakak-kakak TK, karena dia tipe anak yang suka bergerak sekali. Sekolah GPS ini memang berupa rumah di komplek Pondok Kelapa, jadi memang tempatnya tidak besar namun cukup bersih.

Biayanya masuknya tidak fantastis dan terbilang murah, yaitu jika ingin masuk playgroup nya, dikenakan uang masuk Rp. 2 juta dan apalabila ingin sampai ke TK, total bisa Rp. 10 juta, tapi diskon 50%. SPP nya sendiri untuk playgroup Rp. 950 rb dan TK Rp. 1.100.000


You May Also Like

0 comments