Prenatal Gentle Yoga - Ikhtiar VBAC

by - Sunday, September 29, 2019

Memiliki rutinitas sebagai Stay At Home Mom membuat saya lebih memerlukan olahraga untuk mendukung aktifitas fisik saya sehari-hari, terutama untuk mengurus anak. Sebelum hamil anak kedua ini, saya pernah mencoba senam zumba, namun waktunya kurang cocok karena kelas nya hanya ada di waktu malam dan sangat pagi dimana saya sulit untuk meninggalkan Kio. 

Sampai akhirnya di kehamilan trimester awal, saya selalu mengalami sakit sebulan sekali dan saya rasa, hamil bukanlah penghalang untuk bisa berolah raga, dengan harapan badan lebih bugar dan tidak sakit-sakitan. 

Setelah browsing olahraga apa yang cocok, saya mendapati bahwa olahraga yang boleh dilakukan untuk Ibu hamil adalah Prenatal Gentle Yoga. PG Yoga ini bisa dilakukan di usia kehamilan mulai 20 minggu dan di usia kehamilan 20 minggu itu pula saya langsung mencari tempat PG Yoga area Bekasi atau Jakarta Timur. 

Sebuah klinik bersalin di Jakarta Timur menyelenggarakan PG Yoga setiap minggu dengan instruktur seorang bidan muda yang sejak pertama kali mengikuti kelas, membuat saya enjoy dengan kelas tersebut. Kelas yang awalnya saya memilih jam 9 agar tidak terlambat dengan jarak yang jauh, ternyata mengikuti kelas jam 7 pagi lebih menyenangkan. Ketika saya pulang, Kio baru akan bangun, lalu berangkat dan pulang udara Jakarta juga masih bersih, sungguh hal yang selalu saya tunggu.

Manfaatnya sungguh signifikan untuk saya pribadi, saya jadi rentan sakit dan merasa lebih bugar. Sembilan puluh menit, seminggu sekali, sangat bermanfaat. Belum lagi manfaatnya untuk si jabang bayi, posisinya juga selalu bagus yaitu kepalanya sudah dibawah di usia kehamilan saya 26 minggu. Di kelas PG Yoga juga saya mendapatkan teman-teman seperjuangan yang sama-sama menginginkan proses melahirkan normal walaupun dengan provider yang berbeda.

You May Also Like

0 comments