Kio and Kindy Cloud

by - Tuesday, January 15, 2019


Kemarin seorang coach atau guru yang biasa dipanggil Miss dari Kindy Cloud bertanya pada saya, "Rumahnya di mana Mom?" Di JakTim jawab saya. "Wah jauh juga ya", sautnya. 

Kalau dibilang "kok niat banget untuk ikut kelas Kindy Cloud ini sih?" tidak juga yaa, karena walaupun sebenarnya rumah saya di Bekasi Barat, tapi tiap hari Selasa saya dan Kio ada di rumah Ibu di Jaktim, maka dengan mudahnya Kio bisa mengikuti kelas Kindy Cloud ini hanya dengan naik ojek ke Jaksel.

Kok naik ojek? Kasihan banget Kio-nya. Ya karena JakSel itu maceettttt bangeettt, bisa-bisa kami gagal ikut kelas karena kejebak macet. :D

Ok back to topic, kenapa seniat itu ikut kelas Kindy Cloud, emang itu apa sih?


Jadi, Ibunya Kio ini emang orangnya suka penasaran, dan awalnya cuma kepingin tahu kelas Kindy Cloud itu seperti apa. Jujur saja saat pertama kali saya dan Kio ikutan kelas ini, saya pribadi merasa awkward dan berpikir, memang ngerti ya bayi-bayi ini diajarin ini itu. Ikutan lagi ndak ya...?? Manfaat dari kelas Kindy Cloud ini apa ya??

Kemudian saya sadar, ih anak saya senang sekali berada di kelas tadi, nangis juga hanya karena takut disalah satu sesi dan selebihnya Ia sangat menikmati, maka saya berpikir ingin mencobanya lagi sampai Kio berani disesi tersebut.

Saya tidak pernah super niat menunggu jadwal kelas Kindy Cloud, tapi memang setiap ada sisa seat yang diumumkan di Instagram, saya langsung mendaftarkan Kio untuk di hari Selasa. 

Sebelumnya saya memilih kelas Kindy Cloud di Kemang yang tidak terjangkau dengan ojek dari lokasi kami. Favorit banget untuk kelas di Buba and Bump yang tempatnya bagus banget untuk anak-anak. Jadi sebelum dan sesudah kelas, Kio bisa main di playgroundnya.

Ada beberapa sesi di kelas Kindy Cloud dan kalau sampai terlambat jadi sayang bangettt. Pertama, ada sesi perkenalan sambil bernyanyi "hello..hello.. Kio how are you..?" "I am good". Kedua, ada sesi pemanasan dengan bernyanyi, bergerak dan baby gym. Lalu sesi dengan tema di hari itu, seperti tema Farmer/Patern yang diwakilkan menggunakan story telling atau bercerita dari sebuah buku anak-anak. 

Sesi berikutnya ada mewarnai gambar menggunakan warna yang sangat baby friendly, selanjutnya yang paling saya tunggu yaitu "Sensory Play" atau bermain dengan berbagai tekstur. Dimana disesi ini seru dan sedih banget, walaupun sudah ketiga kalinya Kio mengikuti kelas, ia masih saja ketakutan untuk menyentuh berbagai tekstur di sensory play :(.

Ada berbagai macam tekstur disini, mulai dari yang keras, lembek hingga cair. Memang sih anak-anak yang lain juga banyak yang menangis ketakutan ketika kakinya tersentuh tekstur yang bermacam-macam itu, tapi kalau diajarkan dari bayi, seperti tidak akan sejijik Kio.

Setelah bermain kotor-kotoran di sensory play, semua anak berganti pakaian dan dilanjutkan sebuah sesi tambahan sebelum sesi penutup. Lumayan banyak yaa kegiatannya..

Sesi penutupnya juga seru banget, yaitu bermain Peek A Boo menggunakan parasut. Anak-anak yang tadinya cranky karena sensory play jadi happy lagi. Sesi ini menjadi sesi favorit saya juga, karena keseruan bersama-sama bernyanyi "Row Row Your Boat" yang bagi saya, lagu ini jadi identik dengan Kindy Cloud. Sesi paling terakhir dan membuat anak-anak lebih on fire adalah bubble bath time yaitu anak-anak bermain berlomba-lomba merebut gelembung sabun.

Miss disini masih muda-muda, good looking dan sangat baik. Dari tiga kali mengikuti kelas, Kio selalu mendapatkan Miss yang sama.Sedikit tips supaya anak nyaman mengikuti kelas, sebisa mungkin ditidurkan dulu selama perjalanan menuju lokasi Kindy Cloud.  Gunakan pakaian yang nyaman seperti kaos lengan pendek dan celana pendek agar udah bergerak dan main kotor-kotoran. Bawa baju penggant untuk mama dan anak. Sediakan juga makanan atau cemilan dan yang paling penting air minum.

Jadi menurut mama penting tidak sih mengikuti kelas seperti ini? Untuk saya pribadi, saya menyadari diri saya bukanlah Ibu yang piawai dalam berbagai hal termasuk mengajarkan anak dalam sensory play. Karena kekurangan saya tersebut, maka saya sebisa mungkin mengikuti kelas ini untuk Kio walaupun masih jarang sekali.

Kalau ada yang bilang, kan bisa dirumah? Iya bisa banget! Tapi kebetulan saya orangnya males repot dan lebih senang jika saya dan Kio bertemu dengan anak-anak lain untuk bersosialisasi dan belajar bersama, Jadi kalau mama-mama punya tenaga yang lebih dan ingin lebih berhemat, bisa saja membuatkannya dirumah.

Kalau yang belum tahu lagu "Row Row Your Boat", ini yaa.. bisa dihafalin sebelum ikut kelas Kindy Cloud :D

 




You May Also Like

0 comments